Rabu, 10 September 2008

Spesies Tikus Raksasa Ditemukan Di Papua


Anda takut dengan tikus got yang nyaris sebesar anak kucing? Bersiaplah terkaget-kaget jika melihat spesies tikus baru yang ditemukan di tanah Papua. Betapa tidak, ukurannya superjumbo. Jika dibandingkan dengan tikus got yang di kota-kota besar, tikus ini besarnya sekitar lima kali lipat!

Penemuan itu terjadi saat dilakukan ekspedisi oleh tim yang terdiri dari sejumlah ilmuwan dalam dan luar negeri di kawasan Pegunungan Foja, Papua. Tim itu dikomandani Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Conversation International (CI). Selain menemukan tikus raksasa, mereka juga berhasil mengungkap sebuah mamalia baru sejenis tupai yang berukuran sangat kecil.

Uniknya, kedua mamalia itu, meski belum pernah bertemu dengan manusia, mereka sangat jinak dan tidak takut dengan manusia. Bahkan, sebagian binatang itu sering mendekati tenda peneliti yang sedang mengunjungi daerah itu. Bruce Beehler, salah satu yang terlibat dalam ekspedisi itu mengatakan bahwa penemuan itu sangat mengesankan, karena mereka menemukan puluhan jenis satwa yang baru bagi dunia sains dengan kenakearagaman hayati yang sangat kaya. Karena itu, ia menyebut bahwa kawasan tersebut layak dijuluki ’surga yang hilang’.

Ekspedisi itu sendiri sebenarnya adalah perjalanan kedua kalinya. Pertama pada tahun 2005 silam. Setelah perjalanan kedua pada 2007 ini, mereka juga sudah berencana untuk kembali mengarungi belantara Papua untuk melakukan sejumlah penelitian pada akhir 2008 atau awal 2009. Perjalanan itu akan melanjutkan survei untuk mencari katak, mamalia, kupu-kupu, dan tanaman dengan spesies baru.

Penemuan ini sekali lagi menjadi bukti betapa kayanya alam Indonesia. Tentu, harapan kita, hal ini justru memacu kita untuk melestarikannya, bukan justru mengeksplorasinya untuk kepentingan-kepentingan sepihak.

Tidak ada komentar: